Sabtu, 03 Oktober 2020

Manajemen Pemasaran Industri


 Pengantar Pemasaran Industri


Pemasaran adalah suatu proses sosial di mana individu dan kelompok mendapatkan yang mereka butuh dan inginkan dengan cara menciptakan, mempertukarkan produk dan nilai dengan individu dan kelompok lainnya. 

Manajemen pemasaran merupakan analisis, perencanaan, penerapan dan pengendalian program yang dirancang untuk menciptakan, membangun dan mempertahankan pertukaran dan hubungan yang menguntungkan dengan pasar sasaran untuk mencapai tujuan organisasi.

Pemasaran Industri adalah kegiatan yang memfasilitasi terjadinya pertukaran produk dengan pelanggan dalam pasar produksi, mencakup semua perusahaan yang membeli barang dan jasa.

Contoh pemasaran industri adalah:

  • pemasaran mesin tenun ke pabrik tenun.
  • pemasaran kapal tanker ke perusahaan angkutan minyak.
  • jasa perawatan pesawat ke perusahaan penerbangan swasta.
  • pemasaran jasa Kantor Akuntan Publik ke perusahaan hotel.
  • pemasaran pabrik refinary ke perusahaan minyak.

Pemasaran konsumen adalah pemasaran barang dan jasa kepada individu keluarga dan rumah tangga. Pelanggan membeli barang dan jasa untuk dikonsumsi sendiri.

Perbedaan Pemasaran Industri dengan Pemasaran Konsumen

Pemasaran Industri

Pemasaran Konsumen

         Karakteristik pasar: terkonsentrasi secara geografis, pembeli relatif lebih sedikit

         Karakteristik produk: kompleks,customized.

        Karakteristik promosi : personal selling

         Karakteristik pelayanan:

sangat mementingkan pelayanan, waktu pengiriman & ketersediaan 

         Karakteristik harga:

lelang kompetitif dan  negosiasi 

         Perilaku pembeli: 

melibatkan berbagai wi- layah fungsional, ke- putusan pembelian terutama didasarkan pada kinerja

        Saluran distribusi: lebih langsung

 

 

Karakteristik pasar: tersebar secara geografis, merupakan pasar masal

Karakteristik produk: lebih standar

Karakteristik promosi : lebih ke advertising

Karakteristik pelayanan:

tidak terlalu mementing-kan

pelayanan, waktu pengiriman

&ketersediaan


Karakteristik harga:

list prices & maximum retail price (MRP)

           Perilaku pembeli :

melibatkan anggota keluarga keputusan pembelian lebih didasarkan kebutuhan fisiologis/sosial/psikologis

          Saluran distribusi: tidak langsung & berlapis

 

 

Perbedaan pemasaran industri dengan pemasaran konsumen dapat dilihat berdasarkan karakteristiknya seperti karakteristik pemasaran, karakteristik pasar dan karakteristik hubungan antara penjual dan pembeli produk.

Pasar industri adalah semua organisasi yang memberi barang dan jasa untuk digunakan memproduksi barang dan jasa lain yang akan di jual, disediakan atau di pasok keperusahaan lain.

Pasar konsumen adalah pasar yang terdiri atas para konsumen akhir, yang di maksud adalah semua individu atau rumah tangga yang membeli atau mendapatkan barang atau jasa untuk pemakaian pribadi. contohnya seperti rumah tangga yang membeli kebutuhan rumah tangga seperti membeli kebutuhan pokok untuk kehidupan sehari-hari.

Pembelian Organisasional adalah proses pengambilan keputusan oleh organisasi formal dalam menetapkan kebutuhan produk, mengiden tifikasi menilai dan memilih berbagai alternatif merek dan pemasok.

Tiga pasar organisasi : 

  1. Pasar industri
  2. Pasar penjual kembali

Terdiri dari semua individu dan organisasi yang membeli barang untuk dijual kembali atau disewakan dengan tujuan memperoleh laba. Penyalur tidak memproduksikan kegunaan bentuk, melainkan menghasilkan kegunaan waktu, tempat dan kepemilikan.

 3.    Pasar pemerintah 

Pasar pemerintah adalah pasar dimana terdapat lembaga – lembaga pemerintah, yakni: departemen, direktorat, dan instansi lain yang membeli atau menyewa barang – barang untuk membantu melaksanakan fungsi – fungsi pemerintah.contohnya adalah PT. PLN.  

Tidak ada komentar:

Posting Komentar

PT. ADIRA DINAMIKA MULTI FINANCE Tbk

  PT. ADIRA DINAMIKA MULTI FINANCE Tbk      Perseroan ini didirikan dengan nama PT. Adira Dinamika Multi Finance Tbk (Adira Finance) berdasa...