Pengertian industri.
Jenis / macam-macam industri berdasarkan tempat bahan baku
- Industri ekstraktif
Industri ekstraktif adalah industri yang bahan baku diambil langsung dari alam sekitar.
Contoh : pertanian, perkebunan, perhutanan, perikanan, peternakan, pertambangan, dan lain.
- Industri nonekstaktif
Industri nonekstaktif adalah industri yang bahan baku didapat dari tempat lain selain alam sekitar.
- Industri fasilitatif
Industri fasilitatif adalah industri yang produk utamanya adalah berbentuk jasa yang dijual kepada para konsumennya.
Contoh : Asuransi, perbankan, transportasi, ekspedisi, dan lain sebagainya.
Golongan / macam industri berdasarkan besar kecil modal
- Industri padat modal adalah industri yang dibangun dengan modal yang jumlahnya besar untuk kegiatan operasional maupun pembangunannya.
- Industri padat karya adalah industri yang lebih dititik beratkan pada sejumlah besar tenaga kerja atau pekerja dalam pembangunan serta pengoperasiannya.
Jenis-jenis / macam industri berdasarkan klasifikasi atau penjenisannya = berdasarkan SK Menteri Perindustrian No.19/M/I/1986
- Industri kimia dasar
Contohnya seperti industri semen, obat-obatan, kertas, pupuk, dsb
- Industri mesin dan logam dasar
Contohnya seperti industri pesawat terbang, kendaraan bermotor, tekstil, dll
- Industri kecil
Contoh seperti industri roti, kompor minyak, makanan ringan, es, minyak goreng curah, dll
- Aneka industri
Contohnya seperti industri pakaian, industri makanan dan minuman, dan lain-lain.
Jenis-jenis / macam industri berdasarkan jumlah tenaga kerja
- Industri rumah tangga
Adalah industri yang jumlah karyawan / tenaga kerja berjumlah antara 1-4 orang.
- Industri kecil
Adalah industri yang jumlah karyawan / tenaga kerja berjumlah antara 5-19 orang.
- Industri sedang atau industri menengah
Adalah industri yang jumlah karyawan / tenaga kerja berjumlah antara 20-99 orang.
- Industri besar
Adalah industri yang jumlah karyawan / tenaga kerja berjumlah antara 100 orang atau lebih.
Pembagian / penggolongan industri berdasakan pemilihan lokasi
- Industri yang berorientasi atau menitikberatkan pada pasar (market oriented industry)
Adalah industri yang didirikan sesuai dengan lokasi potensi target konsumen. Industri jenis ini akan mendekati kantong-kantong di mana konsumen potensial berada. Semakin dekat ke pasar akan semakin menjadi lebih baik.
- Industri yang berorientasi atau menitikberatkan pada tenaga kerja / labor (man power oriented industry)
Adalah industri yang berada pada lokasi di pusat pemukiman penduduk karena bisanya jenis industri tersebut membutuhkan banyak pekerja / pegawai untuk lebih efektif dan efisien.
- Industri yang berorientasi atau menitikberatkan pada bahan baku (supply oriented industry)
Adalah jenis industri yang mendekati lokasi di mana bahan baku berada untuk memangkas atau memotong biaya transportasi yang besar.
Macam-macam / jenis industri berdasarkan produktifitas perorangan
- Industri primer
Adalah industri yang barang-barang produksinya bukan hasil olahan langsung atau tanpa diolah terlebih dahulu.
Contohnya adalah hasil produksi pertanian, peternakan, perkebunan, perikanan, dan sebagainya.
- Industri sekunder
Adalah industri yang bahan mentah diolah sehingga menghasilkan barang-barang untuk diolah kembali.
Contohnya adalah pemintalan benang sutra, komponen elektronik, dan sebagainya.
- Industri tersier
Adalah industri yang produk atau barangnya berupa layanan jasa.
Contohnya seperti telekomunikasi, transportasi, perawatan kesehatan, dan masih banyak lagi yang lainnya.
Perilaku Pembelian di Pasar Industri Berbagai Situasi Pembelian Utama
- Pembelian Ulang sepenuhnya
Merupakan situasi pembelian di pasar industri yang ditandai oleh pembeli secara rutin memesan ulang sesuatu tanpa ada modifikasi.
Contohnya : Bagi supplier lama (in suppliers) akan berusaha untuk mempertahankan kualitas produk dan layanan. Mereka seringkali menawarkan sistem pemesanan ulang otomatis sehingga agen - agen pembelian akan menyiapkan waktu pemesanan ulang. Bagi yang belum menjadi supplier (out suppliers) akan berusaha untuk menawarkan sesuatu yang baru atau mengeksploitir ketidakpuasan atas supplier lain sehingga pembeli akan mempertimbangkan mereka.
- Pembelian ulang dengan modifikasi
Situasi pembelian di pasar industri yang ditandai oleh pembeli ingin memodifikasi spesifikasi, harga, persyaratan, dan pemasok produk.
Contohnya: Suatu situasi pembelian bisnis dimana pembeli menginginkan modifikasi untuk spesifikasi - spesifikasi tertentu, harga - harga, syarat - syarat, atau supplier - supplier. Bagi supplier lama situasi ini agak mencemaskan dan tekanan karena harus mempertahankan posisi mereka. Sementara bagi calon supplier baru mungkin melihat situasi ini sebagai peluang untuk membuat penawaran lebih baik dan mendapatakan konsumen baru.
- Tugas Baru
Situasi pembelian di pasar industri yang ditandai oleh pembeli membeli produk atau jasa untuk yang pertama kalinya.
Contohnya: Pembeli melakukan sedikit pertimbangan untuk mengambil keputusan pada “the straight rebuy” dan paling banyak memerlukan pertimbangan untuk keputusan - keputusan pada “the new task.” Pada situasi “the new task”, pembeli harus memutuskan spesifikasi- spesifikasi produk, suppliers, batas harga, syarat-syarat pembayaran, jumlah pesanan, waktu-waktu pengiriman, dan syarat pelayanan.
- Pembelian sistem
Pembelian penyelesaian masalah secara terpaket dari satu penjual. Penjualan sistem-sistem atau systems selling adalah suatu proses yang terdiri dari dua langkah:
- Supplier menjual sekelompok produk rangkaian. Contohnya, Supplier menjual tidak hanya “glue“, tapi juga “applicators” dan “dryers”.
- Supplier menjual sistem produksi, pengendalian sediaan, distribusi dan pelayanan yang lain untuk memenuhi kebutuhan pembeli supaya bisa melakukan operasi yang mulus. Contohnya : inventory, distribusi dan jasa/layanan lainnya, untuk memenuhi kebutuhan pembeli agar operasi berjalan lancar. Penjualan sistem merupakan strategi pemasaran kunci di pasar industri untuk memenangkan dan mempertahankan pelanggan. Kontrak sering dilakukan oleh perusahaan yang menyediakan sistem paling lengkap yang memenuhi kebutuhan pelanggan.
Tidak ada komentar:
Posting Komentar