ANALISIS PEST WARDAH KOSMETIK
Analisis PEST (Politik, Ekonomi, Sosial dan Teknologi) berguna untuk mengetahui faktor dari luar yang dapat mempengaruhi kinerja perusahaan baik secara positif maupun negatif.
- Politik
- Undang-undang perlindungan lingkungan Adanya UU perlindungan lingkungan maka akan menjadikan kendala bagi wardah yang berada pada naungan PT Paragon Inovation untuk pendirian pabrik dan pembuangan limbah karena harus benar benar sesuai dengan peraturan perundang-undangan.
- Peraturan eksport-import Apabila pemerintah membuat peraturan eksport-import yang terlalu rumit maka akan menjadikan kendala untuk wardah mengekspor produknya ke luar negeri.
- Peraturan khusus daerah pusat
- Perubahan UU perpatenan Dengan adanya perubahan UU perpatenan hak maka akan menyulitkan wardah untuk tetap menggunakan merk tersebut.
- Ekonomoi
- Tingkat produktivitas kerja Apabila produktivitas pekerja menurun maka akan berdampak pada pendistribusian porduk yang akan menurun dan akan mengecewakan konsumen karena permintaan akan produk tidak terpenuhi secara maksimal.
- Perbedaan pendapatan menurut kawasan dan kelompok konsumen Apabila pendapatan pada kelompok ekonomi menengah, dan ekonomi menengah ke atas sudah pasti akan meningkatkan penjualan produk, dan meningkatkan pelanggan. Tetapi apabila pendapatan kelompok menengah ke bawah yang biasanya bermukim di pedesaan atau pinggiran kota, mereka hanya akan membeli air kemasan jika hendak bepergian, dan untuk kesehariannya mereka cenderung memilih untuk memasak air sendiri. Dengan demikian berpengaruh terhadap pendistribusian produk Aqua meskipun tidak terlalu besar.
- Tarif pajak Jika pemerintah menaikkan pajak maka biaya perusahaan juga akan meningkat, sehingga bisa terjadi harga produk juga akan naik.
- Social
- Pendapatan per kapita Semakin tinggi pendapatan per kapita maka semakin meningkat permintaan pasar, dan akan meningkatkan produksi.
- Gaya hidup Apabila masyarakat memilih gaya hidup sehat maka akan berpengaruh terhadap permintaan produk dan konsumen akan beralih menjadi pelanggan.
- Lingkungan dalam kota Apabila lingkungan dengan cuaca yang panas akan berpengaruh terhadap peningkatan permintaan, tetapi apabila lingkungan dengan cuaca yang dingin maka permintaan akan menurun.
- Program-program social
- Program sosial CSR yang diselenggarakan oleh PT Paragon Inovation antara lain adalah:
- Peningkatan kesejahreraan masyarakat
- Partisipasi aktif dengan komunitas
- Pengembangan seni dan kebudayaan
- Pembangunan potensi sumber daya manusia
- Kegiatan sosial di hari besar
- Teknologi
- Produk Baru Untuk mengatasi persaingan yang ketat dalam bidang kosmetik PT Paragon Inovation benyak mengeluarkan produk baru dengan riset yang sangat mendalam dan kualitas produksi di PT Paragon Technology and Innovation tidak hanya dilihat dari produk yang dihasilkan, tetapi dari proses yang dijalani. Dengan penerapan Quality in Process Culture, tim Produksi berprinsip untuk terus menjaga kualitas dan standar dari satu proses ke proses berikutnya.
- Internet Dengan adanya teknologi internet yang sudah kita rasakan seperti sekarangini, akan memberi banyak kemudahan untuk wardah dalam memberikan informasi kepada stakeholder. Juga memberi kemudahan untuk menguasai pasar baik di Indonesia atau Negara-negara lain.
ANALISIS SWOT WARDAH KOSMETIK
- Strenght (kekuatan)
- Harga yang terjangkau terutama dikalangan pelajar dan mahasiswa
- Memiliki banyak varian produk
- Pemasaran yang luas sehingga mudah ditemukan
- Produk wardah rata-rata memiliki wangi yang lembut
- Pemilihan brandambassador yang berhijab menjadi daya tarik produk ini
- Weakness (kelemahan)
- Kemasan produk yang kurang menarik
- Brand masih kurang terkenal
- Wardah berorientasi pada segmen wanita, sehingga susah untuk mengembangkan lini produk pada segmen pria
- Masyarakat mempresepsikan wardah sebagai lower income sehinggakualitasnya diragukan
- Opportunity (peluang)
- Label halal yang ditekankan membuat wardah mempunyai nilai lebih dibanding komestik lainnya.
- Bekerja sama dengan suatu film sehingga dapat menaikkan nama produk
- Treath (ancaman)
- Banyaknya saingan keosmetik lainnya terutama produk luar negeri yang kuaitas dan harganya lebih bagus (revlon, maybeline)
- Pertumbuhan penjualan produk yang lambat bisa membuat pendatang baru mendepak wardah
Tidak ada komentar:
Posting Komentar